Skip to main content

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI DEWI SRI HOTEL DEPARTMENT FRONT OFFICE

 




KATA PENGANTAR

 

Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena berkat daan rahmat beliaulah penulis dapat menyelesaikan kegiatan On The Job Training dengan baik serta dapat menyelesaikan laporan ini dengan tepat pada waktunya. Dimana nantinya laporan ini akan digunakan sebagai prosedur On The Job Training.

Keberhasilan penulis dalam menyusun laporan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Maka dari itu tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat :

1)      Drs. I Wayan Sudirya

2)      Bapak Ismu Widodo selaku Manager Personalia Dewi Sri Hotel.

3)      Bapak/ Ibu Guru yang mengajar di SMA Surya Wisata selaku guru pembimbing di sekolah.

4)      Semua staff dan supervisor Dewi Sri Hotel selaku pembimbing industri.

5)      Teman-teman serta semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu yang mendukung dan memberi bantuan selama penulis melakukan praktek kerja industri.

Hal yang harus disadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempumaan karena terbatasnya kemampuan serta pengetahuan penulis. Oleh karena itu,penulis sangat membutuhkan kritik yang membangun demi kesempurnaan laporan ini. Harapan penulis, laporan ini dapat bermanfaat bagi perkembangan pendidikan di bidang pariwisata umumnya dan akomodasi perhotelan khususnya. Serta tidak lupa penulis mengucapkan maaf yang sebesar-besamya atas kesalahan yang terjadi selama penulis melakukan praktek kerja industri ataupun dalam penulisan laporan ini.

 

Kediri,     Agustus 2018

 

 

Penulis


DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR......................................................................................... i

DAFTAR ISI...................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN

1.1         LATAR BELAKANG......................................................................... 1....

1.2         TUJUAN DAN MANFAAT................................................................ 1

BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

2.1.       SEJARAH BERDIRINYA HOTEL................................................... 3

2.2.       KEPEMILIKAN DAN LOKASI HOTEL.......................................... 4

2.3.       FASILITAS YANG DIMILIKI HOTEL............................................ 3....

2.4.       JENIS - JENIS FORMULIR DALAM HOTEL................................. 5

2.5.       STRUKTUR ORGANISASI DEPARTEMENT................................ 7

2.6.       STRUKTUR ORGANISASI HOTEL................................................. 8

2.7.       TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB MASING-MASING

JABATAN............................................................................................ 9

BAB III PEMBAHASAN

3.1         TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PELAKSANAAN

PRAKTEK KERJA INDUSTRI........................................................ 11

3.2         PEMBAGIAN JADWAL PRAKTEK KERJA INDUSTRI............ 13

3.3         PERBANDINGAN ANTARA TEORI DENGAN

PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI........................ 13

3.4         KENDALADANKEBERHASILAN................................................ 14

BAB IV PENUTUP

4.1         KESIMPULAN.................................................................................. 15

4.2         SARAN-SARAN............................................................................... 16

LAMPIRAN

 BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1         LATAR BELAKANG

Setelah sebelumnya perkembangan pariwisata di Indonesia khususnya di Bali sempat tersendat akibat terjadinya bom Bali yang sempat menggemparkan Bali bahkan sampai keberbagai Negara di dunia, Akhirnya perkembangan pariwisata khususnya di Bali mendapat perhatian yang cukup besar dari pemerintah. Mengingat pariwisata merupakan omset yang cukup besar untuk menunjang perekonomian di Indonesia.

Dengan melakukan praktek kerja langsung di lapangan ini akan membuat kita lebih mengetahui dan lebih mengerti tentang arti pentingnya dunia pariwisata. Mengingat kita sebagai warga Bali, yang dimana Bali terkenal dengan banyaknya tempat pariwisata yang didukung oleh keindahan-keindahan pemandangannya, yang secara otomatis akan mendorong kita untuk bisa lebih mengenal dunia pariwisata karena kita setiaphari akan berkomunikasi secara langsung dengan para wisatawan yang berkunjung ke Bali. Selain itu dengan ini kita juga bisa membantu memperkenalkan asset pariwisata, kebudayaan, adat istiadat milik Indonesia khususnya di Bali yang terpendam, yang belum sempat diketahui oleh dunia luar.

SMA Surya Wisata sebagai salah satu dari sekian banyak serkolah pariwisata (perhotelan) yang melatih para siswa dan siswinya untik memiliki keterampilan dalam bidang perhotelan tentunya, dan menciptakan lulusan yang berkualitas dan dapat bekerja dangan skill tersebut dalam bidangnya masing-masing,karena tenaga kerja yang dibutuhkan di dunia pariwisata adalah tenaga kerja yang siap pakai. Dengan adanya program On The Job Training ini siswa diharapkan untuk dapat menyelesaikan sesuatu yang telah mereka dapat selama di sekolah, dan mereka terapkan di industri. Program inipun telah menjadi suatu keharusan yang dilakukan dari tahun ke tahun yang tentunya akan dipakai tolak ukur untuk siswa naik ke tingkat berikutnya.

 

1.2         TUJUAN DAN MANFAAT

          TUJUAN:

-          Menambah pengalaman.

-          Agar dapat membandingkan antara teori di sekolah dan praktek langsung di lapangan.

-          Agar dapat berbaur dengan orang-orang yang memiliki sifat dan karakter yang berbeda.

-          Agar dapat mengetahui karakteristik orang-orang yang bekerja di hotel.

          MANFAAT:

-          Melatih rasa percaya diri.

-          Melatih kemampuan dalam bekerja sama dengan orang lain, toleransi serta solidaritas.

-          Dapat menyesuaikan diri dengan berbagai karakter orang, dengan segala perbedaan yang mereka miliki.

-          Menambah pengetahuan mengenai berbagai macam hal tentang pariwisata sehingga dapat lebih banyak mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan pariwisata tersebut.

 

BAB II

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

 

2.1  SEJARAH BERDIRINYA HOTEL

Dewi Sri Hotel didirikan atas dukungan wisatawan mancannegara yaitu khususnya wisatawan yang berasal dari Australia. Mereka rngin menikmati suasana yang damai dan ingin mengetahui daerah-daerah pariwisata.Selain itu juga mereka melakukan berbagai olahraga seperti surfing di pantai yang berada di sekitar kawasan Kuta. Jadi di bangunlah Dewi Sri Hotel yang mana pada mulanya bernama Dewi Sri Cottage, yang terletak disekitar kawasan wisata Kuta, Bali. Dengan alamat Jl. Legian Kelod, Gang Troppozone, Kuta, Bali yang berdekatan dengan Monumen memoriam bom Bali. Dewi Sri Hotel dioperasikan sebagai hotel melati sejak tahun 1990 dengan memiliki jumlah kamar 36 kamar dan dilengkapi dengan 1 restaurant dan 1 kolam renang. Adapun pemilik hotel ini adalah Bapak Komang Suwidya. Dewi Sri Cottage dengan fasilitasnya pun mencoba bersaing di tengah ketatnya persaingan dunia pariwisata.

Begitu banyaknya hotel-hotel baru tumbuh di kawasan Kuta sehingga Dewi Sri Hotel sempat mengalami penurunan jumlah tamu, dan pada akhirnya awal tahun 2000 Dewi Sri Hotel dikontek oleh seorang investor lokal yang bernama Bapak Made Wiranatha. Dengan berpindahnya kursi kepemimpinan dari bapak Nyoman Suwidya ke tangan Bapak Made Wiranatha, Dewi Sri Hotel pun dirombak dengan sentuhan arsitektur modern. Dewi Sri Hotel dibangun dengan bentuk building (bertingkat) yang dibagi menjadi empat blok melingkar, diantaranya tiga bilik berlantai dua dan satu bilik berlantai empat. Jumlah kamar yang dimiliki Dewi Sri Hotel saat ini adalah berjumlah 102 buah kamar yang terdiri dari 26 buah kamar Standard Double, 32 buah kamar Standard Twin, 18 buah kamar Superior Double, 10 buah kamar Superior Twir dan 15 buah kamar keluarga (Family Room, serta 2 buah kamar yang Out Of Order ( kamar ini digunakan untuk gudang dan office).

Disamping itu perbaikan juga dilakukan pada kolam renang, wajah kolam renang sekarang sudah tampil beda dengan dihiasi bebatuan khas Bali sehingga kelihatan lebih sejuk keseluruhan proyek dimulai awal tahun 2000 dan soft openingnya pada tanggal 14 April 2000. Dengan Bapak Made Wiranatha sebagai General Manager, Dewi Sri Hotel mengalami kemajuan pesat dengan Australia sebagai Negara asal utama pelanggan. Dan saat ini kedudukan General Manager diduduki oleh Ms.Leanne Winch.

 

 

2.2  KEPEMILIKAN DAN LOKASI HOTEL

NAMA                 : DEWI SRI HOTEL

PHONE               : (62-361) 752 555

FAX                     : (62-361) 755 131

WEBSITE            : www.dewisnhotel.com

EMAIL                : reservation@dewisrihotel.com

 

Saat ini Dewi Sri Hotel dimiliki oleh Bapak Made Wiranatha dengan berada di bawah naungan PT. 66 BALI CITRA PERSADA, beserta hotel lainnya yaitu Ida Hotel yang menjadi sister Hotel Dewi Sri. Lokasi Dewi Sri Hotel berada pada alamat Jl. Legian Kelod, Gang Troppozone, Kuta, Bali, Indonesia dengan lokasi di jantung Kuta,15 menit dari airport, 15 menit menuju pantai Kuta, 5 menit menuju shopping, dan kurang dari 5 menit dari Monumen momerium bom Bali, menjadikan Dewi Sri Hotel berada pada lokasi yang sangat strategis.

 

2.3    FASILITAS YANG DIMILIKI HOTEL

HOTEL FACILITIES :

Ø  1 Swimming pool 24 hours

Ø  1 restaurant open 24 hours

Ø  Spacious garden setting

Ø  Car parking 24 hours security

Ø  Satellite tv in restaurant

Ø  Guest service laundry and dry cleaning

Ø  Currency exchange

Ø  Safety deposit box

Ø  Doctor on call

Ø  In house massage

Ø  Pool bar

Ø  Pool counter

Ø  Taxi on call

Ø  Room service

Ø  Internet hot spot service

 

 

ROOM FACILITIES :

Ø  Air conditioning

Ø  Private balcony/terrace

Ø  Private bathroom (hot and cold water)

Ø  Television (international channel)

Ø  In house movie, HD telephone

Ø  Strocked refrigerator/mini Bar

Ø  Bathtub with shower

Ø  Shower only

Ø  Ironing brood board

Ø  Writing table

 

OUTSIDE FACILITIES :

Ø  Double six club (free entrance except special event)

Ø  Bacio

Ø  Syndicate Bar

Ø  M BAR GO

Ø  Engine room

Ø  The new bounty ship

Ø  Gado-Gado restaurant

Ø  KU DE TA

Ø  AJ. Hacket jumping (10% discount on 1st jump)

Ø  10% discount beginners lesson on Rip Curl School

 

2.4    JENIS - JENIS FORMULIR DALAM HOTEL

·         FORMULIR A : Formulir yang haras diisi oleh tamu ketika mereka tiba di hotel yang berfungsi  untuk  mengetahui  data tamu  disesuaikan  dengan  pasportnya  yang kita photocopy ketika tamu check in juga untuk mencocokkan tanda tangan tamu.

·         RESERVATION FROM : Formulir yang diisi oleh staff reservasi untuk mencatat data pesanan kamar yang masuk ke hotel yang nantinya akan disetorkan ke reception.

·         GUEST ID : Kartu yang dibuat untuk tamu yang memuat data tamu untuk dibawa selama mereka menginap di hotel yang bersangkutan.Pada kartu tersebut juga akan dicantumkan tanggal check in dan check out tamu.

·         WELCOME DRINK : Kupon yang diberikan untuk tamu yang baru tiba dan akan menginap di hotel yang nantinya bisa ditukar di bar untuk mendapatkan minuman khusus.

·         RRC (Room/Rate Change) : Sebuah formulir yang akan dilengkapi oleh receptionist jika perubahan kamar, harga dan jumlah orang yang menginap.

·         SHARING GUEST : Formulir yang digunakan untuk mensharing tamu yang menginap dalam satu kamar.

·         CASH RECEIPT : Formulir yang digunakan sebagai bukti prembayaran / kuitansi jika tamu membayar sesuatu dengan cara cash.

·         CURRRENCY PURCHASE FORM : Formulir yang digunakan jika ada tamu ada yang menukar uang.

·         MISCELLANEOUS VOUCHER : Formulir yang digunakan utuk menulis bill yang tidak ada bil khususnya, ext: dvd

·         COMMUNICATION CHARGE   :  Form yang digunakan pembayaran telepon / membuat bill telepon.

 

 

2.5    STRUKTUR ORGANISASI DEPARTEMENT

 


2.6  STRUKTUR ORGANISASI HOTEL

 


 

2.7  TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB MASING - MASING JABATAN

1)        FRONT DESK/RECEPTION

Tanggung jawab :

Melayani tamu apapun permintaannya, sehingga tamu akan merasa nyaman tinggal di suatu hotel. Selain itu Front Office juga bertanggung jawab langsung kepada Manager Kantor Depan (Front Office Manager).

Tugas:

v  Menghandle tamu pada saat check in maupun check out sesuai dengan policies yang ditetapkan.

v  Melayani permintaan tamu.

v  Mengatasi complain tamu.

v  Mem-block kamar tamu yang akan check in pada Guest In House.

v  Menulis kegiatan atau kejadian pada Log Book yang dialami selama bekerja.

v  Mengetahui aktivitas yang terjadi di hotel.

 

2)        RESERVATION

Tanggung jawab :

Melayani pemesanan kamar baik dari telepon, fax-email, maupun email. Reservasi bertanggung jawab langsung kepada Manager kantor depan.

Tugas:

v  Melayani pemesanan kamar baik dari telepon, fax-email,email.

v  Menulis pemesanan kamar tersebut dalam bentuk reservation form.

v  Menyerahkan data tamu yang akan check in selanjutnya kepada reception.

 

3)        INFORMATION

Tanggung jawab :

Memberikan informasi kepada tamu mengenai obyek-obyek wisata.Dan biasanya seorang reception dituntut untuk mampu menjadi seorang information.

Tugas:

v  Memberikan informasi yang dibutuhkan tamu.

 

4)        FO CHASIER

Tanggung jawab :

Melayam bill tamu yang ada D Alam Puri FO CHASIER pun sekaligus menjadi FB CHASIER.

Tugas:

v  Melayani bill tamu pada saat tamu check in, in house, check out.

v  Membuat summary chasier.

v  Melayani penukaran currency mata uang.

 

5)        TELEPHONE OPERATOR

Tanggung jawab :

Melayani tamu mengenai urusan telephone.

Tugas:

v  Menyambungkan telephone dari reception ke nomor tujuan yang diminta oleh tamu.

v  Membuat summary telephone yang nantinya akan diserahkan ke bagian accounting.

 

6)        CONCIEGERI

Tanggung jawab :

Bertanggung jawab penuh atas barang bawaan tamu pada saat tamu check in maupun check out.

Tugas:

v  Membantu membawakan barang bawaan tamu pada saat check in-out.

v  Mengantarkan tamu ke kamar pada saat check in.

v  Melayani transfer check in-out.

v  Mengantarkan surat-surat ke department lain maupun ke kamar tamu.

 

BAB III

PEMBAHASAN

 

3.1    TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

Tugas dan tanggung jawab pada saat On The Job Training berbeda-beda tergantung department yang bersangkutan. Ketika melaksanakan On The Job Training penulis mendapat tugas dan tanggung jawab sebagai seorang reservasi dan reception.

 

v  RESERVASI

Pekerja yang rutin dilakukan oleh seorang reservasi adalah menelpon hotel-hotel lain yang berada di kawasan yang berdekatan untuk menanyakan occupancy last night yang bersangkutan. Hal ini dilakukan mengetahui competitor setiap hotel. Tujuan dari ini semua adalah untuk dapat mengetahui hunian kamar dari masing-masing hotel agar dapat dibandingkan dengan hunian kamar di hotel sendiri. Kemudian mengisi nomor kamar untuk tamu yang sudah check in kemarinnya.Tugas selanjutnya adalah mengirimkan forecast ke White House ( Kantor Manager Operasional) yang sekaligus juga mernjadi kantor pusat,dan juga mengirim forecast ke sister hotel kita yaitu Ida Hotel. Forecast adalah perencanaan yang berisi penjelasan persentase hunian kamar pada suatu periode untuk menentukan tingkat hunian kamar di hotel. Forecast yang sudah diphotocopy diberikan ke masing-masing department yang ada dengan tujuan agar masing-masing department dapat mengetahui tingkat hunian kamar di hotel agar mereka dapat mengatur pola kerja mereka. Kemudian jika ada pemesanan kamar lewat email yang telah di print out sebelumnya dan di input di system reservasi, kita dapat menulisnya di reservation form yang tersedia. Selain itu jika ada tamu yang No Show kita wajib melihat ke sistemnya apakah tamu tersebut sudah cancel. Jika tamu tersebut tidak cancel di system kita wajib mengirim No Show notice yang isinya mengenai bahwa tamu tersebut kena cost one night cancellation fee seharga satu kamar satu malam, yang wajib dibayar oleh tamu karena tamu tidak ada konfirmasi yang menyatakan bahwa dirinya sudah cancel untuk menginap di hotel.

Selain tugas-tugas di bagian reservasi tadi,penulis juga sedikit mengulas tugas-tugas seorang reception,yaitu sebagai berikut:

 

v  RECEPTION

Dari pertama tiba di counter, seorang reception harus membersihkan counter terlebih dahulu. Setelah itu seorang reception harus menyiapkan key package. Key package terdiri dan form reservasi yang telah diberikan oleh reservasi kemarin harinya yang telah berisi data-data tamu yang akan check in pada had itu,form-A yang nantmya akan dilengkapi oleh tamu itu sendiri atau yang lebih sering disebut dengan registration form, welcome drink coupon, serta guest card yang berisi penjelasan tentrang hotel. Setelah itu dilanjutkan dengan menulis voucher, dimana voucher adalah suatu bentuk akomodasi yang diserahkan oleh tamu pada saat tamu check in sebagai tanda bukti bahwa memang benar tamu tersebut sudah booking kamar seberlumnya. Pada saat check in, voucher tersebut akan diphotocopy dimana yang asli akan diisi nomor kamar dari tamu tersebut dan akan di file voucher book. Tugas yang juga rutin dilakukan oleh seorang reception adalah memutar movie yang dilakukan setiap dua jam sekali dengan mngganti satu movie dengan movie yang lain sesuai schedule movie yang tersedia.Selain itu tugas utama dari seorang reception yaitu menghandle tamu pada saat ada tamu yang check in maupun check out.

Cara umum yang dilakukan dalam menghandle tamu pada saat check in di Dewi Sri Hotel tidak jauh berbeda dengan hotel-hotel yang lain yaitu:

1)             Sambut tamu dengan ramah yang biasanya didahului dengan greeting ataupun mengucapkan selamat datang (welcome to Alam puri).

2)             Meminta accommodation voucher yang dibawa tamu, dan mencocokkan pada daftar Expected Arrival Guest.

3)             Mengambil reservation form yang sudah berisi bookingan tamu.

4)             Meminta tamu untuk mengisi from A dan meminta passport tamu untuk di copy yang nantinya akan dipakai sebagai file Guest History.

5)             Menjelaskan fasilitas yang didapatkan tamu selama tamu tersebut menginap di hotel, seraya menyerahkan key package.

6)             Meminta bellboy untuk mengantar tamu ke kamar.

Cara menghandle tamu check out yaitu:

1)             Meminta kunci kamar.

2)             Melakukan pengecekan kembali ke masing-masing outlet seperti mini bar, restaurant/bar telephone operator, untuk memastikan tagiha-tagihan yang mungkin belum dikirim ke FO Cashier.

3)             Meminta pembayaran apabila ada tagihan/bill yang belum di bayar oleh tamu.

4)             Merapikan luggage tamu di lobby dan langsung mengisi luggage tag apabila tamu ingin menitipkan luggage-nya di lobby, yang biasanya satu luggage berisi dengan satu luggage tag.

 

3.2    PEMBAGIAN JADWAL PRAKTEK KERJA INDUSTR1

Shift yang ada di Dewi Sri Hotel ada 3 yaitu : Morning, evening, night.

Ø  Morning shift            : 07.00 - 15.00 WITA

Ø  Evening shift            : 15.00 - 23.00 WITA

Ø  Night shift                : 23.00-07.00 WITA

Namun khusus untuk Trainee hanya mendapatkan 2 shift yaitu morning dan evening shift.

 

3.3    PERBANDINGAN ANTARA TEORI DENGAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

Perbandingan antara teori dengan praktek kerja industri sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja praktek kerja langsung tidak sebaku teori yang didapat di sekolah. Dalam praktek kerja langsung diajarkan untuk serius dalam bekerja namun tetap santai agar pekerjaan yang dilakukan selesai dengan cepat dan tepat. Dalam pembelajaran disekolah diajarkan agar bekerja sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku berdasarkan sumber-sumber tertentu. Namun dalam kenyataan bekerja di hotel menggunakan standar hotel itu sendiri. Sesuatru yang sama persis diajarkan di sekolah maupun di tempat praktek yaitu mengenai kedisiplinan,kerjasama, ramah tamah dan lain sebagainya.Selain itu juga kepercayadirian, dimana praktek kerja industri sangat dibutuhkan rasa percaya diri yang tinggi untuk berhadapan dengan tamu, melakukan conversation dengan tamu serta memperkenalkan banyak hal pada tamu. Hal - hal tersebut sangat berbeda dirasakan ketika berbicara dengan tamu asing yang ash dibandingkan dengan teman sekolah yang berperan sebagai tamu untuk menggambarkan tamu itu sendiri. Selain itu juga dilatih royalitas dalam bekerja. Teori - teori yang diberikan oleh guru - guru sebelum para siswa berangkat ke DU/ DI sangat membantu dalam memudahkan setiap pekerja yang dikerjakan di tempat melaksanakan DI / DI tersebut karena tidak mungkin siswa dapat bekerja dengan baik tanpa bantuan dari guru serta para senior di tempat DU / DI tentunya.

 

3.4    KENDALA DAN KEBERHASILAN

v  KENDALA YANG DIHADAPI:

a)             Tamu - tamu mancanegara yang datang menginap tidak semuanya menggunakan atau bisa berbahasa inggris, sehingga menyulitkan untuk berkomunikasi.

b)             Keterbatasan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki penulis.

c)             Beragamnya karakter dan sifat dari setiap karyawan hotel dalam bersosialisasi dan bekerja sehingga keberanian untuk bertanya pada senior sedikit berkurang.

d)            Sedikit berbedanya teori yang diberikan dr sekolah dengan praktek langsung di lapangan sehingga sedikit bingung ketika bekerja.

v  KEBERHASILAN YANG DICAPAI:

a)   Bertambahnya pengetahuan serta pengalaman penulis.

b)   Bertambahnya pengetahuan dalam sebuah pelayanan groommg dan sopan santun dalam melayani tamu.

c)   Meningkatkan kepercayadirian ketika berhadapan langsung dengan para tamu,serta melatih keberanian untuk bertnya kepada senior mengenai hal- hal yang kurang dimengerti maupun belum diketahui.

d)   Menambab tertian.

e)   Memperoleh sertifikat dari Management alam puri yang merupakan tujuan penting dalam melakukan On The Job Training,yang nantinya akan dipakai pedoman untuk dapat naik ke tingkat berikutnya saat di sekolah.

 

BAB IV

PENUTUP

 

4.1    KESIMPULAN

Di dalam menjalani program On The Job Training ini penulis telah banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang sangat berhaga yang akan dipakai bekal nanti pada saat bekerja. Selain itu penulis juga mendapat suatu pelajaran mengenai displin. tepat waktu, kerjasama, sopan santun, keberanian, percaya diri, dan sebagainya.

Setelah ditelusuri ternyata program On The Job Training ini memiliki suatu peranan penting dalam tanggung jawab siswa. Bisa dilihat dari kegiatan yang dilakukan sehari-hari dalam menjalani On The Job Training akan dapat sedikit merubali kebiasaan yang dilakukan para siswa saat mereka belum mengenai dunia kerja, karena penulis merasakan sendiri perubahannya. Bisa juga dilihat dari pekerjaan yang dilakukan khususnya di department Front Office yaitu : menghandle tamu pada saat tamu check in maupun check out, melayani permintaan tamu, melayani pemesanan kamar, yang mau tidak mau harus dilaksanakan. Itu akan sedikit merubah kebiasaan yang sering dilakukan di rumah seperti bermalas-malasan ataupun tidak suka diperintah untuk melakukan hal-hal tertentu.

Jadi pekerjaan yang dilakukan penulis selama mengalami On The Job Training merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga bagi penuhs, karena selain pekerjaan yang didapat sedikit berbeda dengan teori yang dapat di sekolah, penulis juga dapat mengapresiasikan teori yang didapat di sekolah. Jadi sermua yang ditulis di laporan ini merupakan penjabaran dari segala ilmu yang didapat selama melakukan On The Job Training, yang tidak lepas dari dukungan teori yang didapat di sekolah.

 

4.2    SARAN-SARAN

Setelah laporan ini selesai dibuat, penulis ingin menyampaikan beberapa saran yang mungkin bermanfaat, diantaranya :

 

v  SARAN UNTUK HOTEL

a)           Diharapkan para senior membimbing, membina, dan juga sebagai pengajar bagi para trainee

b)           Memberikan lebih banyak pembekalan ilmu yang nantinya akan diterapkan saat bekerja.

c)           Diharapkan para staff mengliargai trainee dan tidak membedakan fisik, serta bersikap adil.

d)          Para trainee tidak dianggap sebagai calon tenaga kerja yang siap pakai.

 

v  SARAN UNTUK SEKOLAH

a)              Lebih meningkatkan praktek kerja daripada teori pada saat pelajaran praktek di sekolah.

b)             Lebih banyak memberikan pembekalan sebelum siswanya berangakat untuk menjalani On Job Training.

c)              Memberikan support agar siswa lebih percaya diri sebelum melaksanakan kegiatan On The Job Training.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN RESTAURANT

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN MAN MARU JAPANESE RESTAURANT FOOD AND BEVERAGE SERVICE DEPARTMENT Royal Bali Hotel and cruise ship training centre Jl. Pasekan 90X Batuyang kangin, Gianyar www.hospitality.royalbalitraining.id DISUSUN OLEH : Nama                      : Ni Putu Ayu Ratih Pratiwi NIM                        : 2016.07.2.FB/3.04 Angkatan                : III/2016 - 2017 Jenjang                   : Okupasi Waitress Level III / Basic Level                  ...

Makalah tentang MOKSHA

BAB I PENDAHULUAN 1.1     Latar Belakang Bersatunya Atman dengan Brahman tercapailah keadaan Sat cit ananda, yaitu kebahagiaan yang abadi, k ondisi seperti inilah yang disebut dengan nama moksa. Moksa merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari Panca Srad dha. Umat Hindu meyakini bahwa moksa merupakan pokok keimanan. Bagi umat Hindu kata moksa sering disamakan artinya dengan kata mukti atau kelepasan. Moksa merupakan tujuan yang tertinggi bagi umat Hindu. Dengan mempedomani diri dan mengamalkan cinta kasih serta ketidak terikatan secara berkesinambungan seseorang dapat mencapai moksa. Kata moksa mudah diucapkan namun sulit dapat diwujudkan dalam hidup dan kehidupan ini. Betapapun sulitnya hal itu dapat kita wujudkan, bila diupayakan dengan niat suci, sungguh-sungguh dan berlandaskan kitab suci. Dengan demikian sesulit apapun sesuatu yang ingin kita capai tentu dapat diwujudkan dengan sempurna. Moksa adalah salah satu sraddha dalam agama Hindu. Ha...

artikel : PEMBUATAN KRIPIK BAYAM

  LAPORAN PEMBUATAN KRIPIK BAYAM   KATA PENGANTAR Puji syukut kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNya sehingga laporan ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang yang telah berkontribusi den ga n memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.   Dan harapan kami semoga laporan ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, untuk kedepannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi laporan agar menjadi lebih baik lagi.   Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman, kami yakin masih banyak kekurangan dalam laporan ini, oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik membangun dari pembaca demi kesempurnaan laporan ini.     BAB 1 PENDAHULUAN   1.1 LATAR BELAKANG Keripik merupakan makanan ringan atau camilan berupa irisan tipis yang sangat populer di kalangan masyarakat karena sifatnya yang renyah, gu...