Skip to main content

KOMUNIKASI BISNIS

 

KOMUNIKASI BISNIS

 

 

 

1.      Ni Wayan Watirsih                                       (40) 1700612010720

2.      Ni Wayan Nyoman Novianto Thoresya      (34) 1700612010714

3.      Ni Made Sari Wahyuni                                 (31) 1700612010711

4.      Ayu Stevi Rani                                              (02) 1700612010682

5.      Ni Made Opik Diani                                      (29) 1700612010709

6.      Ni Putu Eka Febby Pernama Wati             (36) 1700612010716

 

 

 

 

 

 

 

 

UNIVERSITAS MAHASARASWATI

DENPASAR

2019

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini sebagai salah satu tugas kelompok Mata Kuliah “Komunikasi Bisnis”.

Penulis menyadari banyak kekurangan dalam pcnulisan makalah ini, hal itu di karcnakan kcmampuan penulis yang terbatas. Namun, berkat bantuan dan dorongan dari berbagai pihak akhirnya pembuatan makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Dan penulis tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu.

Penulis berharap dalam penulisan makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri dan para pembaca umumnya serta semoga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mengembangkan dan meningkatkan prestasi di masa yang akan datang.

 

Dcnpasar, 08 Juli 2019

 

Penulis

 


 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.      LATAR BELAKANG

Berita merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan di zaman sekarang ini. Hampir setiap hari kita mendapatkan berita-berita dari berbagai media massa, mulai dari surat kabar, radio, televisi sampai internet.

Oleh karena itu. materi tenlang pcngertian dan macam-macam berita perlu dibahas agar kila sebagai penikmat berita dapat mengolah berita dan menganalisis berita yang kita dapat dengan baik. Sehingga kita dapat mengetahui jenis berita apa saja yang telah kita terima.

 

B.       RUMUSAN MASALAH

Rumusan masalah adalah kumpulan beberapa pokok bahasan dalam sebuah makalah. maka dari itu berikut ini adalah bcberapa masalah yang akan dibahas.

1.      Pengertian rilis berita

2.      Subjek rilis berita

3.      Syarat rilis yang baik

4.      Rilis berita dan krisis komunikasi

5.      Rencana rilis berita

6.      Penyusnan rilis berita

 

C.      MANFAAT

Adapun manfaat dari makalah ini yaitu

1.        Pembaca dapat mengetahui pengertian dari berita

2.        Pembaca dapat mengetahui macam-macam berita

3.        Pembaca dapat mengelompokkan berita berita yang ada sesuai jenisnya

 

D.      TUJUAN

Adapun tujuan dari makalah ini yaitu :

1.        Untuk mengetahui apa itu berita

2.        Untuk mengetahui macam-macam berita

BAB II

PEMBUATAN RILIS BERITA

 

A.      PENTINGNYA MENJAGA HUBUNGAN DAN REPUTASI PERUSAHAAN

Perusahaan berada di tengah-tengah lingkungan bisnis Pelanggan. pemasok. masyarakat keuangan, pemerinlah. pemegang saham. dan pesaing mcrupakan contoh elemen lingkungan ekternal perusahaan sementara pekerja dan manajemen merupakan elemen lingkungan internal perusahaan Perusahaan perlu menjaga dan menjalani komunikasi dengan lingkungannya karena penyebaran informasi yang luas dan tepat bisa berdampak posistif terhadap kemajuan dan reputasi atau citra perusahaan.

Selain laba. perusahaan memiliki tujuan lain yang berkaitan dengan harmonis dengan lingkungan. Menjalankan hak dan kewajiban dengan baik akan meningkatkan reputasi kepercayaan terhadap perusahaan. Kepecayaan akan meningkatkan reputasi perusahaan yang pada akhimya mendukung tercapainya tujuan perusahaan. Melalui penyebarluasan berbagai informasi. Misalnya. memublikasikan penghargaan {awards) yang diterima oleh perusahaan dan pegawai, pengembangan jenis layanan, peruluasan area bisnis. perluasan gedung. dan lain sebagainya

Semua aklivitas perusahaan yang layak diketahui publik sebaiknya dipublikasikan seeara luas melalui media massa Dengan demikian. komunikasi antar perusahaan dengan publik terjaga dengan baik.

 

B.       PENGERTIAN DAN SUBJEK RILIS BERITA.

Hubungan dengan redaksi surat kabar perlu dijalin dengan baik agar perusahaan bisa selalu mengemunikasikan kegiatannya kepada publik. Surat kabar sebagai media massa hiusa nya memiliki editor khusus yang menangani informasi lenlang bisnis Apabila editor khusus untuk bisnis tidak ada.maka perusahaan dapat membuat rilis berita(news releaser)

Rilis berita merupakan intbrmasi yang didesam sedemikian rupa untuk mencapai audiens yang Ichih luas melalui media publik alau surat kabar (quible,et, all 1996 377) rilis berita berupa informasi atu berupa singkat yang merupakan sebagian kecil dari keseluruhan berita yang dimuat dalam suatu surat kabar rilis berita harus mengandung informasi yang layak untuk disiarkan secara luas dan memiliki potensi untuk menarik perhatian publik rilis berita dapat dilengkapi dengan gambar alau folo agar lebih menarik Rilis berita dipergunakan untuk menginformasikan beberapa subjek atau topik yang berkaitan dengan hal-hal berikut:

1.      Produk baru

2.      Pegawai baru

3.      Layanan baru

4.      Aktivitas lain yang layak dipublikasikan

 

C.      SYARAT-SYARAT RILIS YANG BAIK

Editor bisnis biasanya merilis berita yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut (quible,et, all 1996 377)

1.      Timelines

Apakah pcristiwa tcrscbut tcrjadi sckarang?

Peristiwa terkini (uptodate) akan lebih menarik perhatian publik

2.      Proximity

Apakah peristiwa tersebut masih terjadi dalam jangkauan pembaca?

3.      Importance

Apakah peristiwa tersebut penting bagi pembaca?

4.      Police

Apakah peristiwa tersebut sesuai dengan kebijakan editor?

Rilis bcrita dapat menguraikan aklivitas individu alau organisasi   Dalam setiap rilis berita. Pertanyaan jurnalistik 5W +1 H berikut harus bisa terjawab dengan jelas :

1.      Who          : Siapa yang melakukan atau siapa yang mengalami suatu

kejadian?

2.      What         : Apa yang dilakukan atau apa yang terjadi?

3.      Why          : Mengapa peristiwa itu terjadi?

4.      When         : Kapan terjadi?

5.      Where        : Di mana kejadiannya?

6.      How          : Bagaimana peristiwa tersebut sampai terjadi?

 

D.      RILIS BERITA DAN KRISIS KOMUNIKASI

Salah satu manfaat dan rilis berita adalah pada saat terjadi krisis komunikasi Klarifikasi yang tidak  tuntas alas suatu berita bisa mcnimbulkan  polemik yang berkepanjangan dan merugikan nama baik perusahaan. Demikan pula setiap informasi yang menyudutkan pcrusahaan pcrlu segera diklarifikasi dcngan berpedoman pada etika komunikasi bisnis.

Beberapa contoh peristiwa   rawan   kondisi yang dapat menimbulkan krisis komunikasi antara perusahaan dengan lingkungannya adalah:

1.      Pemutusan hubungan kerja

2.      Publikasi hasil analisis dampak lingkungan

3.      perhitungan dan pelaporan pajak

4.      Pembagian bonus pada saat perusahaan mengalami kerugian

5.      penutupan atau penghentian kerugian usaha

6.      Musibah kebakaran yang dialami perusahaan

7.      Keamanan dan kesehatan pekerja

8.      Kandungan zat kimia berbahaya dalam produk. dan lain -lain.

Langkah-langkah berikut bisa dilakukan jika terjadi krisis komunikasi

1.      Identifikasi permasalahan yang terjadi

2.      Bcntuk  tim khusus yang berkompoten unluk menangani masalah tersebut

3.      Siapkan pusat informasi dan media komunikasi yang menandai untuk memberikan respons dan klasifikasi

4.      Sebarkan paket informasi lengkap melalui media masa yang tepat

5.      Minla maaf apabila perusahaan memang melakukan kekeliruan dan jelaskan bahwa fakta yang terjadi bukanlah keinginan perusahaan.

 

E.       RENCANA DAN PENYUSUNAN RISLIS BERITA

News release   atau rilis berita juga mcmerlukan perencanaan yang baik Rilis berita pada umunya bertujuan untuk memberikan informasi. Walaupun demikian. perlu dipertimbangkan reaksi audiens alas informasi yang disebarluaskan karcna audiens yang dituju jauh lebih luas dan beragam l.angkah-langkah pedoman agar tujuan komunikasi melalui media publik dapat tercapai

 

1.                    Menentukan subjek yang akan dituju

2.                    Menentukan dan menganalisis audiens yang akan dituju

3.                    Memastikan bahwa berita mengandung informasi yang layak disebarluaskan kepada publik melalui media massa.

4.                    Memperkirakan reaksi audiens (kemungkinan terjadi pro dan kontra)

5.                    Menyusun rilis berita menggunakan pendekatan langsung. Walaupun reaksi audiens diperkirakan negatif, rilis bcrita biasanya disusun dengan pendekatan langsung untuk menarik perhatian pembaca

Hal-hal yang perlu dipethahkan dalam pembuatan rilis berita adalah

-          Sedapat mungkin  pergunakan kalimat dan  paragraf pendekatan dan  hindari penggunaan kalimat majemuk.

-          Pastikan kebenaran nama orang nama tempat, nama organisasi, jabatan. tanggal. dan jumlah

-          Jika harus menyebulkan nama dan menyerahkan foto seseorang atau organisasi mintalah izin  terlebih dahulu kepada yang bersangkutan.

-          Cetak diatas kertas yang bersih dengan layout (marjin.jenis huruf. ukuran huruf. dan spasi) yang sesuai dengan standar media.

-          Menyimpan arsip dalam bentuk Hardcopy dan softcopy.

6.                    Melakukan review untuk memastikan bahwa pertanyaan jurnalistik yang meliputi 5W + 1H sudah terjawab

1.      Memilih   media   publikasi   yang   tepat   agar dapat   mencapai  audiens  yang diinginkan

2.      Menentukan waktu publikasi yang tepat.

3.      Mempersiapkan bcrbagai kemungkinan untuk mengatasi reaksi audiens

Rilis berila dapat juga disusun menggunakan format wawancara Sebelum wawancara dilakukan, perlu disiapkan daftar pertanyaan agar semua item ter-cover dengan baik Rilis berita yang disusun melalui format wawancara biasanya juga menggunakan pendekatan langsung untuk menarik perhatian pembaca.

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

A.      Kcsimpulan

Berita ialah Iaporan terkini tentang fakta atau pendapat yang penting atau menarik bagi khalayak dan disebarluaskan melalui media massa.Waklu sangat berani aiau sangat diperlukan dalam proses penyebaran atau penyampaian berita. Selain waktu Kejadian atau peristiwa yang menarik juga sangat berita untuk menarik perhatian khalayak ramai untuk mengetahui tentang berita tersebut. Dan terakhir laporan maksudnya disini bagaimana cara penyampain atau menampilkan berita tersebut kepada khalayk ramai untuk menarik ketertarikan khalayak pada berita tersebut.

Dalam jurnalistik juga dikenal jenis berita menurut penyajiannya, yaitu:

1.               Straight News (sering juga disebut hard news), yakni Iaporan kejadian-kejadian tcrbaru yang mengandung unsur penting dan menarik. tanpa mengandung pendapat-pendapat penulis berita

2.               Soft News (sering disebut juga feature), yakni berita-berita yang menyangkut kemanusiaan serta menarik banyak orang termasuk kisah-kisah jenaka. lust (menyangkut nafsu birahi manusia). keanehan {oddity).

3.               Feature (berita kisah). yakni berita yang disajikan dalam bentuk yang menarik, menggunakan pelacak latar bclakang suatu peristiwa dan dituturkan dengan gaya bahasa yang menyentuh perasaan.

4.               Reportase. yakni Jenis laporan ini merupakan laporan kejadian (berdasarkan pengamat dan sumber tulisan). serta mengutamakan rasa keingintahuan pembaca.

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN RESTAURANT

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN MAN MARU JAPANESE RESTAURANT FOOD AND BEVERAGE SERVICE DEPARTMENT Royal Bali Hotel and cruise ship training centre Jl. Pasekan 90X Batuyang kangin, Gianyar www.hospitality.royalbalitraining.id DISUSUN OLEH : Nama                      : Ni Putu Ayu Ratih Pratiwi NIM                        : 2016.07.2.FB/3.04 Angkatan                : III/2016 - 2017 Jenjang                   : Okupasi Waitress Level III / Basic Level                  ...

Makalah tentang MOKSHA

BAB I PENDAHULUAN 1.1     Latar Belakang Bersatunya Atman dengan Brahman tercapailah keadaan Sat cit ananda, yaitu kebahagiaan yang abadi, k ondisi seperti inilah yang disebut dengan nama moksa. Moksa merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari Panca Srad dha. Umat Hindu meyakini bahwa moksa merupakan pokok keimanan. Bagi umat Hindu kata moksa sering disamakan artinya dengan kata mukti atau kelepasan. Moksa merupakan tujuan yang tertinggi bagi umat Hindu. Dengan mempedomani diri dan mengamalkan cinta kasih serta ketidak terikatan secara berkesinambungan seseorang dapat mencapai moksa. Kata moksa mudah diucapkan namun sulit dapat diwujudkan dalam hidup dan kehidupan ini. Betapapun sulitnya hal itu dapat kita wujudkan, bila diupayakan dengan niat suci, sungguh-sungguh dan berlandaskan kitab suci. Dengan demikian sesulit apapun sesuatu yang ingin kita capai tentu dapat diwujudkan dengan sempurna. Moksa adalah salah satu sraddha dalam agama Hindu. Ha...

artikel : PEMBUATAN KRIPIK BAYAM

  LAPORAN PEMBUATAN KRIPIK BAYAM   KATA PENGANTAR Puji syukut kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNya sehingga laporan ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang yang telah berkontribusi den ga n memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.   Dan harapan kami semoga laporan ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, untuk kedepannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi laporan agar menjadi lebih baik lagi.   Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman, kami yakin masih banyak kekurangan dalam laporan ini, oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik membangun dari pembaca demi kesempurnaan laporan ini.     BAB 1 PENDAHULUAN   1.1 LATAR BELAKANG Keripik merupakan makanan ringan atau camilan berupa irisan tipis yang sangat populer di kalangan masyarakat karena sifatnya yang renyah, gu...