KOMUNIKASI BISNIS
1.
Ni Wayan Watirsih (40)
1700612010720
2.
Ni Wayan Nyoman Novianto Thoresya (34)
1700612010714
3.
Ni Made Sari Wahyuni (31)
1700612010711
4.
Ayu Stevi Rani (02)
1700612010682
5.
Ni Made Opik Diani (29)
1700612010709
6.
Ni Putu Eka Febby Pernama Wati (36)
1700612010716
UNIVERSITAS MAHASARASWATI
DENPASAR
2019
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis
panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan
hidayah-Nya sehingga makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Makalah ini sebagai salah satu tugas kelompok Mata Kuliah “Komunikasi Bisnis”.
Penulis menyadari banyak
kekurangan dalam pcnulisan makalah ini, hal itu di karcnakan kcmampuan penulis
yang terbatas. Namun, berkat bantuan dan dorongan dari berbagai pihak akhirnya
pembuatan makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Dan penulis tak
lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu.
Penulis berharap dalam
penulisan makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri dan para
pembaca umumnya serta semoga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk
mengembangkan dan meningkatkan prestasi di masa yang akan datang.
Dcnpasar, 08 Juli 2019
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Berita merupakan hal yang
sangat penting dalam kehidupan di zaman sekarang ini. Hampir setiap hari kita
mendapatkan berita-berita dari berbagai media massa, mulai dari surat kabar,
radio, televisi sampai internet.
Oleh karena itu. materi
tenlang pcngertian dan macam-macam berita perlu dibahas agar kila sebagai
penikmat berita dapat mengolah berita dan menganalisis berita yang kita dapat
dengan baik. Sehingga kita dapat mengetahui jenis berita apa saja yang telah
kita terima.
B.
RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah adalah
kumpulan beberapa pokok bahasan dalam sebuah makalah. maka dari itu berikut ini
adalah bcberapa masalah yang akan dibahas.
1.
Pengertian rilis berita
2. Subjek rilis berita
3. Syarat rilis yang baik
4. Rilis berita dan krisis komunikasi
5. Rencana rilis berita
6. Penyusnan rilis berita
C.
MANFAAT
Adapun manfaat dari makalah
ini yaitu
1.
Pembaca dapat mengetahui
pengertian dari berita
2.
Pembaca dapat mengetahui
macam-macam berita
3.
Pembaca dapat mengelompokkan
berita berita yang ada sesuai jenisnya
D.
TUJUAN
Adapun tujuan dari makalah
ini yaitu :
1.
Untuk mengetahui apa itu
berita
2.
Untuk mengetahui macam-macam
berita
BAB
II
PEMBUATAN
RILIS BERITA
A.
PENTINGNYA
MENJAGA HUBUNGAN DAN REPUTASI PERUSAHAAN
Perusahaan berada di
tengah-tengah lingkungan bisnis Pelanggan. pemasok. masyarakat keuangan, pemerinlah.
pemegang saham. dan pesaing mcrupakan contoh elemen lingkungan ekternal
perusahaan sementara pekerja dan manajemen merupakan elemen lingkungan internal
perusahaan Perusahaan perlu menjaga dan menjalani komunikasi dengan
lingkungannya karena penyebaran informasi yang luas dan tepat bisa berdampak
posistif terhadap kemajuan dan reputasi atau citra perusahaan.
Selain laba. perusahaan
memiliki tujuan lain yang berkaitan dengan harmonis dengan lingkungan.
Menjalankan hak dan kewajiban dengan baik akan meningkatkan reputasi
kepercayaan terhadap perusahaan. Kepecayaan akan meningkatkan reputasi
perusahaan yang pada akhimya mendukung tercapainya tujuan perusahaan. Melalui
penyebarluasan berbagai informasi. Misalnya. memublikasikan penghargaan
{awards) yang diterima oleh perusahaan dan pegawai, pengembangan jenis layanan,
peruluasan area bisnis. perluasan gedung. dan lain sebagainya
Semua aklivitas
perusahaan yang layak diketahui publik sebaiknya dipublikasikan seeara luas
melalui media massa Dengan demikian. komunikasi antar perusahaan dengan publik
terjaga dengan baik.
B.
PENGERTIAN
DAN SUBJEK RILIS BERITA.
Hubungan dengan redaksi
surat kabar perlu dijalin dengan baik agar perusahaan bisa selalu
mengemunikasikan kegiatannya kepada publik. Surat kabar sebagai media massa
hiusa nya memiliki editor khusus yang menangani informasi lenlang bisnis
Apabila editor khusus untuk bisnis tidak ada.maka perusahaan dapat membuat
rilis berita(news releaser)
Rilis berita merupakan intbrmasi yang
didesam sedemikian rupa untuk mencapai audiens yang Ichih luas melalui media
publik alau surat kabar (quible,et, all 1996 377) rilis berita berupa informasi
atu berupa singkat yang merupakan sebagian kecil dari keseluruhan berita yang
dimuat dalam suatu surat kabar rilis berita harus mengandung informasi yang
layak untuk disiarkan secara luas dan memiliki potensi untuk menarik perhatian
publik rilis berita dapat dilengkapi dengan gambar alau folo agar lebih menarik
Rilis berita dipergunakan untuk menginformasikan beberapa subjek atau topik
yang berkaitan dengan hal-hal berikut:
1.
Produk baru
2.
Pegawai baru
3. Layanan baru
4.
Aktivitas lain yang layak
dipublikasikan
C.
SYARAT-SYARAT RILIS YANG BAIK
Editor bisnis biasanya merilis berita yang memenuhi kriteria-kriteria
sebagai berikut (quible,et, all 1996 377)
1. Timelines
Apakah
pcristiwa tcrscbut tcrjadi sckarang?
Peristiwa
terkini (uptodate) akan lebih menarik perhatian publik
2. Proximity
Apakah
peristiwa tersebut masih terjadi dalam jangkauan pembaca?
3. Importance
Apakah
peristiwa tersebut penting bagi pembaca?
4. Police
Apakah
peristiwa tersebut sesuai dengan kebijakan editor?
Rilis
bcrita dapat menguraikan aklivitas individu alau organisasi Dalam setiap rilis
berita. Pertanyaan jurnalistik 5W +1 H berikut harus
bisa terjawab dengan jelas :
1.
Who : Siapa yang melakukan atau siapa yang mengalami suatu
kejadian?
2.
What : Apa yang dilakukan atau apa yang terjadi?
3.
Why : Mengapa peristiwa itu terjadi?
4.
When : Kapan terjadi?
5.
Where : Di mana kejadiannya?
6.
How : Bagaimana peristiwa tersebut sampai terjadi?
D.
RILIS BERITA DAN KRISIS
KOMUNIKASI
Salah satu manfaat dan rilis
berita adalah pada saat terjadi krisis komunikasi Klarifikasi yang tidak tuntas alas suatu berita bisa mcnimbulkan polemik yang berkepanjangan dan merugikan
nama baik perusahaan. Demikan pula setiap informasi yang menyudutkan pcrusahaan
pcrlu segera diklarifikasi dcngan berpedoman pada etika komunikasi bisnis.
Beberapa contoh peristiwa rawan
kondisi yang dapat menimbulkan krisis komunikasi antara perusahaan dengan
lingkungannya adalah:
1.
Pemutusan hubungan kerja
2.
Publikasi hasil analisis
dampak lingkungan
3.
perhitungan dan pelaporan
pajak
4.
Pembagian bonus pada saat
perusahaan mengalami kerugian
5.
penutupan atau penghentian
kerugian usaha
6.
Musibah kebakaran yang
dialami perusahaan
7.
Keamanan dan kesehatan
pekerja
8.
Kandungan zat kimia
berbahaya dalam produk. dan lain -lain.
Langkah-langkah berikut bisa dilakukan
jika terjadi krisis komunikasi
1.
Identifikasi permasalahan
yang terjadi
2.
Bcntuk tim khusus yang berkompoten unluk menangani
masalah tersebut
3.
Siapkan pusat informasi dan
media komunikasi yang menandai untuk memberikan respons dan klasifikasi
4.
Sebarkan paket informasi
lengkap melalui media masa yang tepat
5.
Minla maaf apabila perusahaan
memang melakukan kekeliruan dan jelaskan bahwa fakta yang terjadi bukanlah
keinginan perusahaan.
E.
RENCANA DAN PENYUSUNAN RISLIS BERITA
News release atau rilis
berita juga mcmerlukan perencanaan yang baik Rilis berita pada umunya bertujuan
untuk memberikan informasi. Walaupun demikian. perlu dipertimbangkan reaksi audiens
alas informasi yang disebarluaskan karcna audiens yang dituju jauh lebih luas
dan beragam l.angkah-langkah pedoman agar tujuan komunikasi melalui media
publik dapat tercapai
1.
Menentukan subjek yang akan
dituju
2.
Menentukan dan menganalisis
audiens yang akan dituju
3.
Memastikan bahwa berita mengandung
informasi yang layak disebarluaskan kepada publik melalui media massa.
4.
Memperkirakan reaksi audiens
(kemungkinan terjadi pro dan kontra)
5.
Menyusun rilis berita
menggunakan pendekatan langsung. Walaupun reaksi audiens diperkirakan negatif,
rilis bcrita biasanya disusun dengan pendekatan langsung untuk menarik perhatian
pembaca
Hal-hal
yang perlu dipethahkan dalam pembuatan rilis berita adalah
-
Sedapat mungkin pergunakan kalimat dan paragraf pendekatan dan hindari penggunaan kalimat majemuk.
-
Pastikan kebenaran nama
orang nama tempat, nama organisasi, jabatan. tanggal. dan jumlah
-
Jika harus menyebulkan nama
dan menyerahkan foto seseorang atau organisasi mintalah izin terlebih dahulu kepada yang bersangkutan.
-
Cetak diatas kertas yang
bersih dengan layout (marjin.jenis huruf. ukuran huruf. dan spasi) yang
sesuai dengan standar media.
-
Menyimpan arsip dalam bentuk
Hardcopy dan softcopy.
6.
Melakukan review untuk
memastikan bahwa pertanyaan jurnalistik yang meliputi 5W + 1H sudah terjawab
1.
Memilih media
publikasi yang tepat
agar dapat mencapai audiens
yang diinginkan
2.
Menentukan waktu publikasi
yang tepat.
3.
Mempersiapkan bcrbagai
kemungkinan untuk mengatasi reaksi audiens
Rilis berila dapat juga
disusun menggunakan format wawancara Sebelum wawancara dilakukan, perlu
disiapkan daftar pertanyaan agar semua item ter-cover dengan baik Rilis
berita yang disusun melalui format wawancara biasanya juga menggunakan
pendekatan langsung untuk menarik perhatian pembaca.
BAB III
PENUTUP
A.
Kcsimpulan
Berita ialah Iaporan terkini
tentang fakta atau pendapat yang penting atau menarik bagi khalayak dan
disebarluaskan melalui media massa.Waklu sangat berani aiau sangat diperlukan
dalam proses penyebaran atau penyampaian berita. Selain waktu Kejadian atau peristiwa
yang menarik juga sangat berita untuk menarik perhatian khalayak ramai untuk
mengetahui tentang berita tersebut. Dan terakhir laporan maksudnya disini
bagaimana cara penyampain atau menampilkan berita tersebut kepada khalayk ramai
untuk menarik ketertarikan khalayak pada berita tersebut.
Dalam jurnalistik juga dikenal jenis
berita menurut penyajiannya, yaitu:
1.
Straight News (sering juga disebut hard news), yakni Iaporan kejadian-kejadian
tcrbaru yang mengandung unsur penting dan menarik. tanpa mengandung
pendapat-pendapat penulis berita
2.
Soft News (sering disebut juga feature), yakni berita-berita yang
menyangkut kemanusiaan serta menarik banyak orang termasuk kisah-kisah jenaka.
lust (menyangkut nafsu birahi manusia). keanehan {oddity).
3.
Feature (berita kisah). yakni berita yang disajikan dalam bentuk yang
menarik, menggunakan pelacak latar bclakang suatu peristiwa dan dituturkan
dengan gaya bahasa yang menyentuh perasaan.
4.
Reportase. yakni Jenis
laporan ini merupakan laporan kejadian (berdasarkan pengamat dan sumber
tulisan). serta mengutamakan rasa keingintahuan pembaca.
Comments
Post a Comment
Silahkan tambahkan komentar jika ada yang ingin di ketahui atau diberi tahu